Selasa, 13 Maret 2012

Makanan Khas Lombok yang Wajib Dicicipi


1.       Timbung
Makanan yang satu ini memang wajib dicoba, rasanya yang legit bercampur gurih ditambah dengan aroma khas ketan……….wuiiiiih….dahsyatnya akan menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya. Campuran ketan dengan santan dan ditambahkan garam secukupnya yang dibakar di dalam potongan bambu yang sudah terlebih dahulu dilapisi dengan daun pisang muda di dalamnya. Makanan ini akan tambah nikmat bila dimakan hangat dan disanding dengan es kelapa muda.

2.       Kekipeng
Masih satu rumpun dengan Timbung, bedanya kalau yang satu ini berbahan dasar sagu yang dicampur dengan garam, kemudian dibungkus menggunakan daun pisang, dan selanjutnya dipanggang diatas tungku yang terbuat dari tanah liat. Aroamanya yang khas dan kandungan karbohidratnya yang tinggi bisa menjadi pilihan anda yang ingin kenyang tapi bosan dengan makan yang itu-itu saja.

3.       Beberoq
Yang satu ini tidak kalah dahsyatnya. Campuran kacang panjang,tauge dan terung yang dibumbui dengan sambal khas Lombok dijamin akan membuat “keringetan”.

4.       Sate ikan lilit
Daging ikan laut dibersihkan, dibuang duri-durinya, kemudian digiling dan dicampur dengan berbagai bumbu. Setelah itu baru dililitkan pada potongan bambu dan dipanggang di atas bara.
Rasanya unik, percampuran antara pedas, manis, gurih menjadi satu.


5.       Pelecing kangkung
Kalau yang satu ini sudah tidak asing lagi. Makanan yang berbahan dasar kangkung dan diberi bumbu bebroq (sambal khas lombok), ditambahan tauge dan kelapa serta kacang goreng.


1 komentar: